IGI Tuban - SDIT An Nuur Soko MoU Literasi Selama 5 Tahun

 

IGI Tuban dan SDIT An Nuur Soko sepakat MoU lima tahun
 

TUBAN-Komitmen untuk menyukseskan Tuban Bumi Literasi oleh organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tuban terus dilakukan. Dalam kesempatan ini IGI Tuban menandatangai kerja sama dengan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) An Nuur Soko Tuban. Kedua belah pihak sepakat kerja sama selama lima tahun di bidang literasi guru dan siswa. Proses tanda tangan dilakukan oleh Kepala SDIT An Nuur Soko dan Ketua IGI Tuban, Rabu, (3/8/2022).

Selama lima tahun ke depan akan melakukan pelatihan dengan narasumber dari IGI Trainer Center (ITC) Tuban. Penandatanganan ini atas prinsip kemitraan dan saling memberikan manfaat dengan memberikan pelatihan ke siswa dan guru.

Safuan, Kepala SDIT An Nuur Soko mengatakan terima kasih atas jalinan kesepakatan ini. Kita melangkah bersama untuk kemajuan pendidikan di Tuban. Sekolah kami ini masih baru dan perlu untuk terus melangkah berinovasi lebih baik, katanya.

Baca juga: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421495/sdit-an-nuur-soko-tuban--itc-kerja-sama-peningkatan-kapasitas-guru-dan-siswa

"Alhamdulillah dengan kegiatan ini menjadi langkah awal untuk terus maju. Sehingga peningkatan mutu pendidikan dan kompetensi guru kami semakin berkualitas. Kita tahu IGI Tuban telah banyak memberikan kontribusi untuk pendidikan di Indonesia," ujar kepala sekolah muda berprestasi ini.

Lebih lanjut, bahwa kita harus membuka wawasan untuk terus berliterasi (digital) di era sekarang. Membuat karya yang bisa menjadi mahkota lembaga ini. Kami tersu memotivasi siswa dan guru untuk mempunyai karya dan produktif, tegas Safuan. 

"Sehingga beberapa rencana yang kami canangkan menjadi salah satu program unggulan SDIT An Nuur Soko,” imbuh guru asal Rembang ini.

Ke depan ia berharap, IGI semakin bermanfaat bagi lembaga pendidikan di Tuban, sehingga tercapainya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai bagian dari peningkatan IPM di Tuban dan menyongsong Tuban Bumi Literasi.

Ketua IGI Kabupaten Tuban Ikhwan Fahrudin mengatakan untuk mencapai Tuban Bumi Literasi dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita perlu sinergi bersama-sama. Melalui jalur pendidikan (literasi) ini kita tumbuhkan dan kuatkan pengetahuan kita. Jika pendidikan telah maju, insyallah peradaban semakin bagus, kata guru di SDIT Al Uswah Tuban ini.

Fahri sebagai ia sering disapa, menegaskan ITC hadir untuk memberikan pelatihan demi tujuan peningkatan kualitas pendidikan di Bumi wali. Menjadi kebanggan bagi IGI Tuban bisa bekerja sama dengan SDIT An Nuur Soko yang cepat perkembangannya tiga tahun terakhir ini. 

"Motto IGI sharing and growing together harapannya bisa sama-sama sukses,” kata Fahri.

Fahri menjelaskan sesuai undang-undang  Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, pada pasal  4 butir c, mengatakan  bahwa tujuan penyelenggaraan sistem perbukuan adalah untuk menumbuhkembangkan budaya literasi seluruh Warga Negara Indonesia, jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti melalui pembiasaan membaca selama 15 menit sebelum belajar. Menindaklanjuti amanat peraturan perundang-undangan tersebut Kemendikbud melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan terus berupaya  meningkatkan pengadaan buku bacaan di sekolah dan komunitas. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan - TOT Sagusakupat Region Surabaya

Ikuti PPKG Zona 1, 101 Peserta Belajar Book Creator dan Plotagon

IGI dan Kemenag Tuban Sinergi di Workshop Literasi Digital Canva Pro dan Classpoint Pro